Jumaat, 23 Mei 2014

Khasiat daun bawang

 khasiat  dari daun bawang 

 
Menguatkan dan Menyehatkan 'Yin & Yang'
Berbagai vitamin terdapat dalam daun bawang dapat memastikan pengeluaran normal hormon pada tubuh manusia, juga secara efektif merangsang libido, sehingga "menguatkan yin dan yang". Jadi, bagi kaum laki-laki, dengan pengambilan bawang bakung 3 kali seminggu berkhasiat menguatkan yang menyehatkan yin. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai perasa masakan.
Sebagai Penawar Racun
Aroma bawang yang tajam dan pedas, bersifat panas, memiliki khasiat menawar racun. Terutama berkhasiat mengeluarkan hawa dingin, selsema, sakit perut, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, air susu tidak lancar dan sebagainya. Daun bawang mengandung minyak esensial, unsur utama dari minyak tersebut adalah allicin, juga mengandung dialil sulfide dan kalsium oksalat. Selain itu juga mengandung lemak, karbohidrat, karoten, vitamin B, C, niasin, kalsium, magnesium, besi dan unsur lainnya.
Mencegah Penyakit Kanser
Pektin yang terkandung dalam dau bawang, dapat  mengurangi terjadinya penyakit kanser usus besar, memiliki khasiat antikanser. Allicin dalam bawang putih boleh menghalang pertumbuhan sel-sel kanser; bawang juga mengandung selenium, yang mana ia dapat mengurangi kadar  asid gastrik di dalam perut, memiliki khasiat tertentu terhadap pencegahan kanser perut dan berbagai jenis kanser .
Mengeluarkan Peluh
Daun bawang memiliki khasiat merangsang pengeluar peluh pada tubuh ; minyak daun bawang dapat merangsang saluran pernapasan, membuat kahak lebih mudah ke luar. Allicin dalam bawang memiliki khasiat melawan kanser dan virus, terutama lebih berkhasiat dalam kulat kulit dan menghalang bakteria disenteri bacilli.
Memperbesar Rongga Pembuluh Darah
Bawang kaya akan vitamin C, berkhasiat melegakan pembuluh darah kecil, meningkatkan pengedaran darah, mencegah pening kepala akibat kenaikkan tekanan darah, mempertahankan keaktifan otak dan kulat kulit dan menghalang bakteria disenteri bacilli.. Miinyak esensial dan capsaicin yang terkandung dalam bawang dapat menyingkirkan bau hamis dan bau kurang enak lainnya, menghasilkan aroma unik, dapat meningkatkan pengedaran darah jika diambil dengan campuran jamur.
Menurunkan Kolesterol
Bawang dapat mengurangi timbunan kolesterol jahat, mereka yang sering makan bawang, dapat menguatkan tubuh. Daun bawang lebih banyak mengandung vitamin A, C dan kalsium dibanding batang bawang.
Dimakan Mentah Mengurangi Kepenatan
Bawang mentah sama seperti bawang bombai, mengandung alil sulfida, zat ini dapat merangsang rembesan asid gastrik, membantu meningkatkan nafsu makan. Jika diserap bersama dengan makanan yang lebih banyak mengandung vitamin B1 dapat mempercepat pati makanan menjadi kalori dan dapat mengurangkan kepenatan.(Secretchina/Jhoni/Yant)

Tiada ulasan:

Catat Komen